SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI BATALYON INFANTERI LINTAS UDARA 503 MAYANGKARA -- WELCOME TO THE OFFICIAL BLOG OF 503rd AIRBORNE INFANTRY BATTALION "MAYANGKARA" -- SEGENAP KOMANDO DAN STAF MENGUCAPKAN SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA IDUL FITRI 1434 H BAGI KAUM MUSLIMIN DAN MUSLIMAT -- MINAL AIDHIN WAL FAIDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN -- THE ENTIRE OF COMMAND AND STAFF UTTER HAPPY IDUL FITRI 1434 H FOR THE MOSLEMS CELEBRATING -- PLEASE FORGIVE FOR ALL MISTAKES -- TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA -- THANK YOU FOR VISITING

Kamis, 14 Februari 2013

PERSAUDARAAN SATGAS PAMTAS YL-503 DENGAN MASYARAKAT MELALUI KAIN BATIK


Danpos Laktutus Lettu Ckm Aris Teguh perkenalkan kain batik kepada Kades Laktutus


Secara umum kegiatan di tiap-tiap pos memasuki pertengahan minggu kedua pelaksanaan tugas Pengamanan Perbatasan Yonif Linud 503/MK bejalan lancar. Khusus dibidang teritorial tiap-tiap pos memiliki cara tersendiri dalam “mengambil hati” masyarakat. Mulai dari kegiatan anjangsana ke tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat, membantu mengajar di sekolah hingga memperkenalkan warisan budaya batik. Pada umumnya semua kegiatan tersebut memiliki kesamaan tujuan yaitu sebagai wujud kemanunggalan TNI-Rakyat. 

Perkenalan ke Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Laktutus

 Salah satu bentuk pendekatan dengan masyarakat yang dilakukan oleh Personel Satgas Pamtas YL-503 di Desa Laktutus adalah melalui Batik. Sembari melakukan anjangsana ke masyarakat sekitar pos, Danpos Laktutus Lettu Ckm Aris Teguh mecoba untuk menjalin persaudaraan dengan mempromosikan kain batik kepada tokoh masyarakat dan beberapa tokoh adat. Hal ini dilakukan karena Ia paham betul bahwa kain batik merupakan warisan budaya asli Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.  Hasilnya, cukup memuaskan dan mendapat tanggapan positif dari masyarakat sekitar. Penuturan dari Camat Nanaet Drs. Balthasar bahwa Ia sangat senang dengan keberadaan Bapak-bapak dari Satgas Pamtas TNI dari Yonif L-503 Mayangkara Kostrad.  Diakhir pertemuan yang dihadiri oleh Camat serta para para kepala desa di Laktutus, Danpos menyerahkan cinderamata berupa pakaian batik asli Banyumas yang memang sengaja dipersiapkan dari home base. Spontan salah satu dari kepala desa Bp. Siprianus berucap “dengan batik kita eratkan persaudaraan kita”.  (Papen Satgas YL-503/MK).

Poskan Komentar