SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI BATALYON INFANTERI LINTAS UDARA 503 MAYANGKARA -- WELCOME TO THE OFFICIAL BLOG OF 503rd AIRBORNE INFANTRY BATTALION "MAYANGKARA" -- SEGENAP KOMANDO DAN STAF MENGUCAPKAN SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA IDUL FITRI 1434 H BAGI KAUM MUSLIMIN DAN MUSLIMAT -- MINAL AIDHIN WAL FAIDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN -- THE ENTIRE OF COMMAND AND STAFF UTTER HAPPY IDUL FITRI 1434 H FOR THE MOSLEMS CELEBRATING -- PLEASE FORGIVE FOR ALL MISTAKES -- TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA -- THANK YOU FOR VISITING

Rabu, 17 April 2013

SATGAS PAMTAS YONIF L-503 BERI PELATIHAN MEMASAK "MAMA-MAMA" DI DESA LOONUNA



Desa Loonuna merupakan bagian dari Kecamatan Lakmanen Selatan yang memiliki 5 Dusun diantaranya Dusun Loonuna Tas, Purlolo, Liu, Pauk, dan Dusun Piebulak. 


Salah seorang Anggota Satgas Yonif L-503 ajarkan ibu-ibu memasak



Pekerjaan masyarakat di Desa ini rata-rata Bercocok tanam dan beternak.  Hasil Sumber daya alam yang tersedia di Desa ini cukup banyak seperti Jagung, Singkong, Kacang tanah ,Dll. 

Dadar Jagung


Akan tetapi pengolahan Sumber Daya Alam tersebut masih kurang dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Sebagai contoh, hasil tanaman seperti jagung dan singkong hanya bisa direbus ataupun dibakar dan tidak ada pengolahan dari bahan baku jagung dan singkong  tersebut menjadi makanan yang lebih bervariasi. Keberadaan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Linud 503/Mayangkara mendapatkan kesempatan untuk memberikan pelatihan memasak kepada masyarakat Desa Loonuna khususnya kepada ibu-ibu di desa ini. 


Menu Jamblem dari Singkong
Bahan pembuatan makanan kami sesuaikan dengan apa yang tersedia di desa ini, seperti jagung dan singkong. Untuk bahan baku jagung kami mengajarkan cara membuat dadar jagung dan untuk bahan baku singkong kami mengajarkan cara membuat jemblem.   Antusias ibu-ibu di desa ini sangat tinggi, itu bisa dilihat dari sebagian ibu-ibu yang berusaha mencatat bahan-bahan serta cara memasak dari masakan yang kami. ajarkan. 




Adapun tujuan dilaksanakan pelatihan memasak ini yaitu agar masyarakat sekitar lebih memiliki variasi dalam mengolah bahan baku yang banyak tersedia serta membuka kesempatan untuk menghasilkan pendapatan dengan harapan perubahan perekonomian di desa ini.
Poskan Komentar